Rabu, 04 Maret 2020

5 Cara Mengatur Kecerahan (Brightness) Pada Layar Laptop dan Komputer



Selamat sore semuanya kembali lagi bersama saya mimin enalblogger, yang baik hati dan suka berbagi ini hehehe. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara mengatur brightness atau kecerahan pada layar laptop dan komputer.

Ada beberapa orang pengguna laptop dan komputer lebih merasa nyaman dengan kecerahan layar yang tidak terlalu terang dan ada juga pengguna yang merasa lebih nyaman dengan kecerahan layar yang sedikit redup, Namun tingkat kecerahan pada layar komputer dan laptop tergantung dari kondisi ruangan disekitar, baik itu didalam ruangan ataupun diluar ruangan kecerahan layar akan mengikuti kondisi tersebut dengan kondisi gelap layar akan menjadi semakin terang namun sebaliknya dengan kondisi terang layar akan semakin meredup.

Dengan kecerahan layar yang bergantung pada kondisi, dapat membuat pengguna laptop dan komputer kerepotan saat ingin menggunakan laptop maupun komputer, bagaimana tidak jika kondisi lingkungan saat itu sedang gelap maka layar laptop akan semakin terang dan kalian semua tahu bahwa terlalu terang dapat merusak mata dan membuat mata menjadi kabur, namun sebaliknya dengan kondisi lingkungan yang terlalu terang dapat membuat layar laptop dan komputer menjadi lebih redup dan susah untuk dilihat. Oleh karena itu kamu harus mengatur sendiri kecerahan yang dibutuhkan sesuai lingkungan kamu saat itu.

Nah lantas, bagaimana cara mengatur kecerahan layar komputer atau laptop agar dapat disesuaikan dengan kondisi? Ada berbagai macam cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatur kecerahan atau brightness, Tapi kali ini kami hanya memberi 5 cara yang bisa kamu coba praktekan pada komputer dan laptop kamu, Berikut tutorialnya.

1. Memanfaatkan Personalize

Jika kamu pernah mengganti wallpaper pada laptop dan komputer melalui menu personalize, maka kamu juga dapat memanfaatkannya untuk mengatur tingkat kecerahan pada layar laptop dan komputer kamu, Caranya cukup mudah kamu hanya perlu mengikuti tutorial dibawah ini.
  • Langkah pertama, kamu hanya perlu masuk ke halaman utama windows.
  • Kemudian arahkan kursor ke sembarang tempat, lalu klik kanan mouse.
  • Setelah itu akan muncul beberapa opsi pilihan, Kamu langsung saja pilih opsi Personalize untuk mengatur kecerahan.
  • Setelah itu, kamu bisa langsung pilih opsi Display untuk mengatur tingkat kecerahan pada layar, Nah biasanya menu Display ini terdapat pada bagian pojok kiri bawah didekat see also.
  • Disitu kamu hanya perlu mengatur tingkat kecerahan sesuai keinginan kamu.
Dengan ini selesai sudah cara pertama untuk mengatur tingkat kecerahan pada layar komputer dan laptop dengan sangat mudah. Cara ini hanya berlaku untuk pengguna windows 7 ke bawah saja ya, Untuk cara selanjutnya next ya.

2. Kombinasi Tombol Windows + X

Jika cara diatas kita memanfaatkan personalize untuk mengatur kecerahan layar, kamu juga bisa menggunakan kombinasi tombol keyboard dan pengaturan komputer dan laptop, Cara ini terbukti lebih mudah dipraktikkan karena tidak perlu banyak klik opsi atau menu lainnya.

Selain itu, cara mengatur kecerahan layar pada laptop dan komputer ini, juga dapat dilakukan untuk jenis sistem operasi apapun, mulai dari windows 7, 8, hingga windows 10, Berikut tutorialnya.
  • Pertama, Kamu bisa langsung klik kombinasi tombol Windows + X pada keyboard.
  • Lalu, kamu langsung saja klik Mobility Center, atau Windows Mobility Center, Tergantung dengan jenis windows yang kamu gunakan.
  • Setelah itu, akan muncul beberapa opsi menu pengaturan dasar, Nah untuk mengatur tingkat kecerahan pada layar komputer atau laptop, silakan geser pada bagian Display Brightness, akan muncul sebuah bar dibagian bawah menu tersebut, silakan geser ke kanan dan ke kiri untuk mengatur kecerahan layar anda.
  • Jika kamu sudah berhasil menyesuaikan tingkat kecerahan pada layar komputer atau laptop, selanjutnya kamu hanya perlu menutup menu tersebut, nanti secara otomatis pengaturan kamu akan tersimpan.
3. Klik Kanan Mouse Pada Windows 10

Cara selanjutnya ini hanya dapat digunakan oleh PC atau Laptop yang berbasis windows 10, Untuk pengguna windows 10 cara ini terbilang sangat mudah karena kamu tidak perlu masuk lagi ke personalize lagi untuk masuk ke bar pengatur kecerahan.

Karena, cara yang satu ini hanya membutuhkan beberapa detik saja untuk mulai mengatur kecerahan layar komputer atau laptop yang sesuai dengan keinginan anda, Langsung saja kita simak tutorialnya ada dibawah ini.
  • Pada, tampilan awal windows 10 kamu, arahkan kursor ke sembarangan tempat lalu klik kanan pada mouse.
  • Setelah kamu mengklik kanan mouse, secara otomatis akan muncul beberapa opsi menu, kamu langsung saja klik menu Display Settings.
  • Windows akan langsung menampilkan pengaturan tingkat kecerahan pada layar, baik itu scale and layout, Night Light, Resolusion, dan juga untuk mengatur kecerahan layar.
  • Jika kamu ingin mengatur tingkat kecerahan pada layar, kamu hanya perlu fokus pada bagian Brightness and color > Change Brightness.
  • Nanti akan ada sebuah bar dan juga garis yang bisa kamu geser ke kanan dan ke kiri untuk mengatur tingkat kecerahan pada layar laptop dan komputer. Aturlah tingkat kecerahan sesuai keingian kamu dan juga kondisi lingkungan disekitarmu.
  • Jika kamu sudah menyesuaikan tingkat kecerahan, untuk menyimpan pengaturannya, kamu hanya perlu menutup menu dan pengaturan kamu akan tersimpan secara otomatis.
4. Menggunakan Kombinasi Fn + Tombol Kecerahan Pada Keyboard

Jika dibanding dengan semua cara diatas menurut saya, cara yang ini adalah yang paling mudah untuk dicoba, karena kamu hanya perlu mengklik kombinasi tombol yang ada di keyboard saja, Sangat mudah bukan?. Yuk langsung saja simak berikut tutorialnya.

  • Pertama, silakan kamu lihat pada bagian keyboard, lalu cari tombol Fn dan kombinasikan dengan tombol / simbol brightness. Biasanya simbol brightness akan diberi icon matahari yang redup dan terang. Kamu hanya perlu menekan kombinasi Fn + Simbol Brightness.
  • Jika sudah, maka secara otomatis tingkat kecerahan layar kamu akan semakin terang atau semakin redup, itu semua tergantung dari simbol apa yang kamu tekan.
Catatan : Cara dapat digunakan, tergantung dari jenis keyboard apa yang kamu gunakan pada komputer atau laptop, sebab tidak semua keyboard sudah mendukung simbol Fn maupun brightness. Jadi silakan kalian pastikan terlebih dahulu pada keyboard masing-masing.

5. Memanfaatkan Slider Pada Windows

Cara terakhir untuk mengatur tingkat kecerahan adalah dengan memanfaatkan slider yang ada pada windows. Tapi ingat cara ini hanya dapat digunakan untuk pengguna laptop bukan PC ya. Nah untuk tutorial lengkapnya kalian langsung saja ikuti tutorial dibawah ini.

  • Pertama-tama, kamu hanya perlu mengklik pada icon Charging Battery, yang ada pada bagian pojok kanan bawah didekat icon suara.
  • Setelah itu, kamu langsung saja klik Adjust screen Brightness.
  • Terakhir, kamu hanya perlu menggeser bar berbentuk panah kearah kanan dan kiri untuk mengatur tingkat kecerahan layar laptop sesuai dengan keinginan kamu dengan ini selesai selamat tingkat kecerahan layar kamu sudah berhasil diatur.
Akhir Kata : Nah demikianlah 5 cara mengatur tingkat kecerahan pada layar laptop atau komputer yang mudah dan mudah untuk dipraktikkan. Kamu hanya perlu memilih salah satu cara yang mana paling mudah dan efektif menurut kamu. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca di blog ini jangan lupa untuk berkomentar relevan dibawah ini.

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda