Minggu, 16 Februari 2020

5 Cara Transfer File Dari Android ke Komputer Tanpa Menggunakan Kabel Data


Selamat malam semuanya kembali lagi bersama saya mimin enalblogger yang baik hati dan suka berbagi, Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial yaitu cara memindahkan file dari android ke komputer / laptop tanpa harus menggunakan kabel data.

Kamu pasti sudah seringkan memindahkan file dari android kamu ke komputer?. baik itu file berformat dokumen, presentasi, video, foto, gambar, musik, game, aplikasi. Atau file berformat lainnya, Nah kamu pasti menggunakan kabel data kan untuk memindahkan file-file tersebut?.

Kabel data atau Kabel USB, adalah alat yang biasa digunakan oleh orang umum untuk memindahkan sebuah file dari android ke komputer atau sebaliknya, Namun sayangnya kecepatan transfer atau pengiriman file menggunakan kabel data tergantung dari hardisk yang digunakan jika hardisk kamu bagus maka proses transfer akan lebih cepat namun sebaliknya jika hardisk kamu jelek maka proses transfer akan menjadi lama.

Selain itu jika kalian lupa membawa kabel data, namun kamu ingin mentransfer sebuah file penting maka itu sangat merepotkan. Tapi tidak perlu khawatir karena kali ini saya akan membagikan cara mentransfer file dari android ke komputer tanpa perlu menggunakan kabel data, Berikut ini tutorialnya.

5 Cara Transfer File dari Android ke Komputer Tanpa Kabel Data

1. Menggunakan Bantuan SHAREit

Kalian pasti sudah tahu dengan aplikasi yang satu ini, SHAREit adalah salah aplikasi pengirim data terbaik saat ini, Cara kerja aplikasi ini dalam mentrafer data adalah dengan membuat hotspot Wi-Fi Khusus yang terhubung pada perangkat pengirim dan penerima, sehingga dapat mengirim file tanpa menggunakan kuota internet.

Untuk dapat mentransfer file dari android ke komputer menggunakan SHAREit, kamu terlebih dahulu harus mendownload aplikasi SHAREit for Windows selanjutnya adalah mendownload SHAREit versi android di hp kamu.

Jika kedua aplikasi SHAREit tersebut sudah selesai didownload, selanjutnya adalah membuka kedua aplikasi tersebut, jangan lupa untuk memasang terlebih dahulu SHAREit di komputer kalian.

  1. Buka, aplikasi SHAREit di smartphone kalian, Pilih SEND, Lalu cari file gambar, foto, video, musik, aplikasi, dokument. yang ingin transfer ke komputer. Jika sudah pilih SEND lagi.
  2. SHAREit, akan secara otomatis mencari sinyal dari komputer atau laptop, Pilih Connect PC untuk menghubungkan SHAREit di android ke SHAREit di komputer, Lalu Pilih GO.
  3. Selanjutnya, buka aplikasi SHAREit di komputer atau laptop kamu, Nantinya SHAREit di komputer akan menerima sinyal dari SHAREit di android.
  4. Pilih nama komputer atau laptop, yang akan menerima file yang akan kamu kirimkan melalui SHAREit.
  5. Secara otomatis, SHAREit akan mengirim file yang pilih tadi ke komputer kalian tanpa harus menggunakan jaringan internet.
2. Transfer File Menggunakan AirDroid

AirDroid, merupakan salah satu aplikasi pengirim file yang juga cukup populer di android maupun komputer, Fungsi dari aplikasi ini bukan hanya berfungsi untuk mentransfer file dari android ke komputer, AirDroid juga memungkinkan kamu untuk mengakses file di android melalui komputer.

Sama seperti SHAREit, AirDroid dapat mentransfer file menggunakan jaringan apapun, Baik itu Wi-Fi atau Kabel Data, tanpa menghabiskan kuota internet anda, Disarankan untuk menggunakan jaringan yang sama agar koneksi transfer dapat berjalan lancar dan lebih cepat.

  1. Silakan kalian install aplikasi AirDroid for Windows di komputer kalian, jika sudah silakan kalian pasang aplikasi AirDroid yang kamu install tadi ke komputer kamu.
  2. Kedua, silakan kalian download aplikasi AirDroid di smartphone android kalian di google playstore, lalu buka aplikasinya dan login menggunakan akun yang sudah terdaftar jika belum pernah daftar akun AirDroid, kamu tinggal membuatnya saja menggunakan akun media sosial.
  3. Jika kamu sudah login ke aplikasi AirDroid di komputer dan smartphone dengan akun yang sama, maka secara otomatis smartphone akan terbaca pada AirDroid di komputer.
  4. Langsung saja, kamu bisa mengirim dan menerima file dari Android ke Komputer atau sebaliknya tinggal kalian pilih foldernya, lalu pilih file yang ingin kamu kirim, dan pilih tombol download untuk menerima file.
  5. Selain dapat mengirim dan menerima file, fungsi AirDroid sebenarnya lebih dari itu, kamu bisa membaca pesan dan menerima panggilaan telepon dari komputer kamu.
3. Transfer File Dengan PushBullet

Sama seperti AirDroid, Pushbullet tidak hanya mampu mengirim dan menerima file dari android ke komputer atau sebaliknya, Pushbullet juga dapat menerima pesan sms maupun notifikasi dari android ke komputer.

Kamu juga bisa membalas sms dari komputer dan aplikasi Pushbullet akan secara otomatis mengirimnya melalui komputer ke android jadi kamu tidak perlu repot membuka smartphone untuk membalas atau mengirim sebuah sms ke teman, keluarga atau pacar kamu.

Tidak hanya dari komputer, kamu juga dapat menggunakan aplikasi PushBullet melalui bantuan ekstensi Firefox, Chrome dan Opera Mini.

Sayangnya menggunakan Pushbullet untuk mengirim data dari android ke komputer atau sebaliknya, nampaknya agak sedikit lebih sulit ketimbang menggunakan aplikasi AirDroid, karena di Pushbullet kamu tidak bisa menjelajah file lebih mendalam seperti File Explorer.
  1. Seperti biasa, silakan kamu download aplikasi Pushbullet di komputer kalian dan pasang seperti biasa.
  2. Kedua, silakan kalian download aplikasi Pushbullet di smartphone kalian, lalu buka kedua aplikasi Pushbullet di smartphone dan komputer kalian.
  3. Sama seperti AirDroid, setelah masuk kalian akan disuruh untuk login terlebih dahulu ke dalam aplikasi, jika kalian sudah memiliki akun maka langsung saja dan jika belum daftar terlebih dahulu menggunakan akun sosial media yang kalian miliki.
  4. Jika kamu sudah berhasil masuk, maka secara otomatis Pushbullet smartphone akan mendeteksi Pushbullet yang ada di komputer kalian. yang login dengan akun yang sama.
  5. Untuk mengirim file dari android ke komputer atau sebaliknya, kalian tinggal menekan icon attachment dan pilih file yang ingin kamu kirimkan.
4. Mengirim File Dengan Memanfaatkan Layanan Cloud

Jika kamu tidak ingin menggunakan aplikasi-aplikasi diatas, kamu masih bisa menggunakan cara ini untuk mengirim file dari android ke komputer atau sebaliknya dengan memanfaatkan layanan cloud, Seperti Google Drive, OneDrive, Dropbox atau Zippyshare.

Untuk mengirim file menggunakan layanan cloud, kamu membutuhkan jaringan internet karena kamu akan mendownload setiap file yang dikirimkan dan dapat menghabiskan banyak sekali kuota jika file yang akan kamu terima cukup besar kecuali jika kamu menggunakan jaringan Wi-Fi.

5. Mengirim File Lewat Jaringan Wi-Fi Yang Sama Menggunakan Simple Savr

Terakhir adalah menggunakan aplikasi berbasis situs web yang dapat kamu gunakan untuk mentransfer file dari android ke komputer atau sebaliknya secara online lewat situs (ssavr.com) atau simple savr, kamu tidak perlu khawatir mengenai keamanan data yang akan kamu kirimkan, karena Simple Savr akan mengenkripsi data yang kamu kirimkan dari android ke komputer atau sebaliknya sehingga membuat data yang kamu kirimkan akan tetap aman.

Untuk mengirim file dari android ke komputer atau sebaliknya, kamu hanya perlu menambahkan alamat IP sih penerima dan suruh dia untuk membuka situs Simple Sarv di browser mereka. atau kamu sendiri yang membukanya.

Akhir Kata : Nah itulah tadi beberapa cara mengirim file dari android ke komputer atau sebaliknya tanpa harus menggunakan kabel usb, saya masih merekomendasikan kalian untuk menggunakan USB untuk mentransfer data, karena Kabel USB lebih mudah digunakan untuk mentransfer file bagaimana pendapatmu? silakan tuliskan dikolom komentar dibawah ini.

Label: , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda