Minggu, 23 Februari 2020

7 Cara Mengatasi "USB Not Recognized" Pada Semua Windows



Selamat malam semuanya kembali lagi bersama saya mimin enalblogger yang baik hati dan suka berbagi ini, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara mengatasi masalah"USB Not Recognized" yang sering muncul pada setiap windows.

Komputer dan laptop, tidak hanya dapat digunakan untuk mengetik sesuatu atau untuk internetan saja, karena banyak sekali orang yang membutuhkan port USB untuk membantu mempermudah pekerjaannya atau untuk memindahkan berbagai data penting.

Namun sayangnya, dalam penggunaan USB pada komputer terkadang mengalami masalah atau kendala dan salah satunya adalah masalah "USB Not Recognized" yang disebabkan tidak terbacanya USB pada perangkat komputer, banyak sekali orang kebingungan saat mengatasi masalah ini sehingga mereka mencari solusi di mbah google dan salah satunya adalah kamu.

Kamu pasti benar-benar kehabisan solusi untuk mengatasi masalah ini, sehingga membuat kamu mencari-cari solusi di mbah google dan tidak sengaja ketemu dengan artikel saya ini, Nah oleh karena itu saya akan membantu kamu sebisa mungkin dengan 7 cara yang saya rangkum dibawah ini.

7 Cara Mengatasi USB Not Recognized Pada Windows XP, 7, 8, 10

1. Cabut Kabel Power Supply



Cara pertama untuk mengatasi masalah USB Not Recognized adalah dengan mencabut kabel power power supply diamkan sejenak sekitar 5 menit lalu pasang kembali, Cara ini berlaku untuk anda yang menggunakan komputer / PC bukan laptop. Kamu hanya perlu mencabut kabel yang ada pada bagian belakang komputer seperti contoh yang ada di gambar.

Hal ini bertujuan mendinginkan motherboard pada komputer agar fungsi yang ada pada motherboard berjalan normal kembali, Karena motherboard yang terlalu panas dapat menyebabkan error pada komputer bahkan dapat merusak komponen penting komputer.

2. Cabut dan Pasang Kembali Port USB



Jika kamu mengalami masalah USB Not Recognized pada komputer atau laptop, maka cobalah untuk mencabut colokan USB yang baru kamu pasang, Tunggulah beberapa saat setelah itu barulah anda coba untuk memasang kembali colokan USB-nya.

Dengan melakukan ini maka secara otomatis komputer atau laptop akan melakukan refresh driver sehingga USB dapat digunakan kembali.

Tapi selain itu kamu juga harus memperhatikan port USB yang ada di komputer kamu, karena ada kemungkinan port USB mengalami kerusakan atau sudah longgar, sehingga membuat USB jadi sulit terbaca pada komputer, cobalah untuk memasang USB ke port yang terlihat lebih bagus.

3. Merestart Komputer atau Laptop



Cara mengatasi USB Not Recognized yang ketiga adalah dengan merestart komputer atau laptop kamu, karena kemungkinan komputer atau laptop yang kamu gunakan terlalu berat untuk membaca USB yang kamu pasang.

Jadi tidak ada salahnya jika kamu me-restart komputer atau laptop untuk merefresh usb driver yang ada pada komputer selain itu dengan me-restart komputer kamu akan membuat performa komputer kamu menjadi lebih cepat dan ringan digunakan.

Jangan lupa untuk mencabut semua USB yang kamu pasang di perangkat komputer akan komputer menjadi lebih ringan, tapi jangan kamu cabut semua ya cukup USB yang kamu gunakan untuk menghubungkan kedua perangkat saja.

4. Memeriksa Kondisi USB Yang Kamu Gunakan



Jika pada tutorial sebelumnya kamu memeriksa port USB yang kamu miliki mengalami kerusakan atau tidak, jika port USB kamu mengalami kerusakan maka tidak ada gunanya kamu membaca tutorial ke-empat, karena disini kamu harus memeriksa kondisi USB yang kamu gunakan bukan port USB-nya.

Jika teryata USB yang kamu gunakan mengalami kerusakan, Wajar saja jika USB yang kamu gunakan tidak terbaca. kalau sudah begini memang biasanya USB tidak terbaca di komputer, Nah untuk mengetahui USB kamu rusak atau tidak, kamu bisa memasang USB ke port lainnya jika semua port yang kamu coba USB tetap tidak terbaca berarti USB kamu benar-benar rusak.

5. Update USB Device Driver



Jika semua cara diatas sudah kalian coba, namun masih belum bisa memecahkan masalah USB Not Recognized, kemungkinan Device Driver yang ada pada komputer atau laptop kamu belum diperbarui, Pasalnya jika kamu belum memperbarui device driver otamatis driver perangkat USB yang ada tidak dapat beroperasi secara optimal, oleh karena itu kamu harus mengupdate device driver yang ada pada komputer atau laptop kamu dengan tutorial berikut ini.
  • Klik, icon Start pada pojok kiri bawah windows, lalu ketikkan devmgmt.msc lalu Enter.
  • Secara otomatis kamu akan dibawa masuk ke menu Device Driver disitu klik Universal Bus.
  • Selanjutnya carilah menu Unknown Device.
  • Terakhir klik kanan pada mouse, lalu klik opsi Update Driver.
6. Menonaktifkan Power Management Pada USB Root Hub


Cara ke-enam untuk mengatasi masalah USB Not Recognized kali ini adalah dengan memanfaatkan USB Root Hub, Cara yang satu ini dapat kamu coba jika kamu sudah merasa yakin dengan Port USB kamu tidak mengalami kerusakan dan sedang dalam kondisi baik. Berikut tutorialnya.
  • Klik, icon Start pada pojok kiri bawah windows, lalu ketikkan devmgmt.msc lalu Enter.
  • Kemudian kamu akan dibawa masuk ke menu Device Driver disitu klik Universal Serial Bus Controllers lalu pilih USB Root Hub.
  • Lalu klik kanan pada mouse dan masuk ke Properties, setelah itu pilih opsi Power Management, lalu hilangkan tanda centang pada bagian Allow computer to turn off this device to save power.
  • Terakhir, kamu hanya perlu mengklik OK pada bagian bawah untuk menyimpan.
Setelah kamu selesai mensetting pengaturan power management, kamu hanya perlu merestart kembali komputer atau laptop kamu. jika sudah silakan coba kembali USB yang kamu gunakan.

7. Uninstall USB Devices


Cara terakhir mengatasi USB Not Recognized kali ini adalah dengan menghapus semua perangkat USB yang ada pada komputer atau laptop, karena dengan cara ini anda dapat membuat komputer menginstall kembali driver usb secara otomatis. Tutorialnya sebagai berikut.
  • Klik, icon Start pada pojok kiri bawah windows, lalu ketikkan devmgmt.msc lalu Enter.]
  • Setelah kamu masuk ke Device Manager kamu bisa mengklik opsi menu Action.
  • Pada menu Action, kamu diberi beberapa pilihan salah satunya adalah Uninstall Device, kamu langsung saja klik pilihan tersebut.
Dengan ini semua perangkat USB yang ada pada komputer atau laptop kamu sudah terhapus semuanya dengan melihat lampu mouse dan keyboard yang tiba-tiba mati, Jangan lupa untuk merestart komputer atau laptop agar dapat melakukan install ulang USB-Devices.

Akhir Kata : Nah demikianlah tadi tutorial singkat dari saya yaitu 5 cara mengatasi masalah USB Not Recognized pada komputer dan laptop untuk semua jenis windows, Jika ada pertanyaan atau solusi lain untuk masalah diatas silakan tuliskan dikolom komentar, Semoga bermanfaat.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda